Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Kehadiran Yamaha YZF-R25 dan Yamaha YZF-R15 menjadi motor sport paling diminati konsumen Indonesia. Melalui strategi pemasaran media online untuk Yamaha R25 dan R15 ternyata mendapat sambutan luar biasa. Untuk Yamaha R25 dalam waktu 25 jam saja sudah mencapai 2.600 unit. Sedangkan Yamaha R15 dalam waktu satu hari inden online, langsung terpesan 1.500 unit. Yamaha R25 dan R15 menghadirkan keunggulan yang memang tidak ada pada kompetitornya.

Yamaha YZF-R15 terlahir dan dikembangkan dari kehandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Mengusung daya tahan mesin 150 cc yang disempurnakan termasuk penggunaan transmisi enam percepatan

Untuk Yamaha YZF-R25, pengembangan dimulai dari lintasan balap Yamaha YZR-M1 dan bahkan melibatkan pembalap juara dunia MotoGP, Valentino Rossi. Wajarl bila Yamaha R25 disebut sebagai Baby M1.
Mengusung tema “Rev Your Ego” Yamaha R25 memiliki keunggulan yang disuguhkan pada konsumen yakni Revs the engine – Hear it Roars – Feel the power.
Yamaha R25 walaupun dikemas sebagai motor sport 250 cc dan berkarakter predator tapi tetap handal dan nyaman dikendarai harian. Karena Yamaha R25 mengusung tiga hal penting ;
Fastest, Lightest dan Advanced.
Yamaha R25 memakai mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Adapun kompresinya mencapai 11,6:1.
Untuk motor sport di kelas 250 cc, performa Yamaha R25 paling terbesar mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang
Yamaha YZF-R25

Yamaha R15 dan Yamaha R25 tampil dengan double-headlamp simetris dengan lampu sein yang lebih menyatu dengan headlamp. Dengan desain yang lebih dinamis dan mutakhir mampu menghasilkan pencahayaan yang lebih terang. Hanya saja headlamp Yamaha R25 lebih terkesan gaharnya sebagai motor sporty predator dan yang unik dari Yamaha R25 adalah kehadiran lampu senja yang berada ditengah headlamp bagian atas.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Melirik tampilan panel speedometer yamaha r15, posisi takometer disebelah kanan sedangkan indikator digital di sebelah kiri berisi informasi seperti speedometer, fuelmeter, tripmeter. Sebaris lampu indikator yang dilengkapi Shift Gear Lamp Indicator yang membantu pengendara melakukan perpindahan gigi pada RPM yang tepat untuk meraih tenaga maksimal.

Dibagian handling, gengaman yang dibuat sama dengan desain gengaman Baby M1 sehingga akan terasa mantap,nyaman, dan keren, karena didesain langsung oleh pembalap motoGP kawakan, Valentino Rossi.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Yamaha YZF-R15
Beralih ke bagian belakang.
Dengan jok belakang yang dibuat terpisah dan lebih tinggi dari jok depan, tampil ala super bike. Namun dengan pijakan kaki yang lebih tinggi, tetap akan membuat penumpang merasa nyaman saat berkendara.

Lampu stoplamp LED terlihat sangat menyatu dengan desain belakang Yamaha R15 yang bersudut lancip, denga spakbor gantung khas Yamaha YZF-R6 yang masyur di kalangan modifikator motor. Menambah kesan sporty.
Untuk urusan knalpot, Yamaha R15 dan Yamaha R25 hadir dengan desain knalpot khas Yamaha, sehingga akan menghasilkan raungan khas layaknya motor sporty racing.

Untuk urusan ban, Yamaha hadir dengan ban yang lebih lebar sehingga sangat stabil dan mencengkram aspal dengan sempurna. Dimensi ban depan 90/80-17 M/C dan ban belakang 130/80-17 M/C. Kestabilan ban saat memasuki tikungan juga didukung oleh lengan ayun Asymmetrical Rear Arm dan Twin Tube Rear Suspension, sehingga tikungan dapat dilibas dengan kecepatan tinggi.

Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

Menguji keandalan Yamaha R15, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menggelar Touring Jelajah Sumatera YZF-R15, dengan mengambil rute Sabang-Medan-Bukittinggi. Jalur yang benar-benar menantang kehandalan performa dan akselerasi mesin 150 cc milik Yamaha R15.
R15 mengandalkan mesin 150 cc LC4V menganut enam percepatan. Tak sekadar performa yang didapatkan R15 namun juga efesiensi bahan bakar kian optimal.
Tenaga dari mesin 150 cc milik R15 mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1.

Sedangkan untuk memuaskan penasaran para konsumen Yamaha R25 mereka dilatih mengendalikan R25. Pihak Yamaha Indonesia telah menyiapkan 100 instruktur terlatih dan disebar ke seluruh Indonesia bersamaan dengan test drive yang diadakan di daerah-daerah.

https://i1.wp.com/m.yamaha-motor.co.id/uploads/tx_ndnyamahaproduct/R15.png

P x L x T:1.970 mm x 670 mm x 1.070 mm
Jarak terendah ke tanah:160 mm
Tinggi tempat duduk:800 mm
Berat isi:136 kg
Kapasitas tangki bensin:12 L

Rangka

Tipe Rangka:Delta Box
Suspensi Depan:Teleskopik
Suspensi Belakang:Linked type Monocross
Ban Depan:90/80 – 17 M/C
Ban Belakang:130/80 – 17 M/C
Rem Depan:Cakram hidrolik
Rem Belakang:Single disc

Mesin

Tipe mesin:Liquid-cooled, 4 tak, SOHC, 4 Katup
Jumlah:Single cylinder
Diameter x langkah:57 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi:10.4 : 1
Daya maksimum:17PS / 8.500 rpm
Torsi maksimum:15 Nm / 7.500 rpm
Sistem starter:Electric Starter
Sistem pelumasan:Basah
Sistem bahan bakar:Fuel Injection System
Tipe kopling:Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi:Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi:1-N-2-3-4-5-6
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang

P x L x T:2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak sumbu roda:1.380 mm
Jarak terendah ke tanah:160 mm
Tinggi tempat duduk:780 mm
Berat isi:166 kg
Kapasitas tangki bensin:14,3 L

Rangka

Tipe Rangka:Diamond
Suspensi Depan:Teleskopik
Suspensi Belakang:Swing Arm
Ban Depan:110/70 – 17 M/C
Ban Belakang:140/70 – 17 M/C
Rem Depan:Cakram hidrolik, piston ganda
Rem Belakang:Cakram hidrolik, piston tunggal

Mesin

Tipe mesin:4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Jumlah / posisi silinder:2 Silinder / Tegak
Diameter x langkah:60,0 x 44,7 mm
Perbandingan kompresi:11,6 : 1
Daya maksimum:27,2 kW / 1.200 rpm
Torsi maksimum:23,2 Nm / 10.000 rpm
Sistem starter:Electric Starter
Sistem pelumasan:Basah
Kapasitas oli mesin:Total = 2,40 L ;
Sistem bahan bakar:Fuel Injection System
Tipe kopling:Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi:Return 6 kecepatan
Pola pengoperasian transmisi:1-N-2-3-4-5-6

Kelistrikan

Sistem Pengapian:TCI
Battery:GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe Busi:CR 93 (NGK)

Anda telah membaca “Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang“, terima kasih.

Foto : http://www.yamaha-motor.co.id