Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan.
Ternyata kacang hijau yang biasa kita konsumsi sebagai bubur kacang hijau mempunyai manfaat yang beragam untuk tubuh. Mulai dari khasiat langsung yang kita konsumsi dari berbagai jenis makanan olahan seperti es kacang hijau, puding atau minuman susu kacang hijau. Maupun melalui air rebusannya yang bermanfaa untuk kulit dan prose penyembuhan luka.

Tak hanya itu, jenis polongan yang mudah ditemukan dipasaran dengan harga yang terjangkau ini , juga dimanfaatkan untuk merawat kulit dan anti jerawat.

kacang hijau

Manfaat kacang hijau :

  • Untuk Kesehatan mata, kandungan Vitamin A dalam kacang hijau sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Untuk menurunkan Kolesterol,
    kandungan kalori yang rendah namun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, jadi untuk melawan kolesterol dalam tubuh, kami menyarankan anda mengkonsumsi kacang hijau secara rutin dan teratur.
  • Untuk penyembuhan luka, Vitamin A dalam kacang hijau sangat membantu untuk proses penyembuhan luka pada kulit serta membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh. Kanker usus, kandungan serat yang cukup tinggi dari kacang hijau sangat baik untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat yang beracun sehingga dapat mengurangi terjadinya gangguan pencernaan seperti kanker usus.
  • Untuk Ibu hamil, untuk wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena mengandung Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein,
kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil.
  • Melancarkan aliran darah, kacang hijau dapat membantu menghilangkan lemak jenuh yang berada di arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah di dalam tubuh.
  • Sebagai Antioksidan, membantu mencegah penuaan dini serta mencegah kanker. Meningkatkan sistem syaraf, kandungan B1 dalam kacang hijau dapat membantu meningkatkan kinerja sistem syaraf. Kesehatan tulang dan gigi, kandungan phosphor dan kalsium dalam kacang hijau sangat membantu regenerasi pembentukan tulang dan gigi. Pembentukan sel baru, kandungan protein lengkap dalam kacang hijau sangat bermanfaat membantu pembentukan sel di dalam tubuh seperti otot, otak dan organ tubuh lainnya.

Kandungan kacang Hijau :

  • Tinggi serat, mencegah konstipasi serta membuat pencernaan menjadi lancar.
  • Rendah lemak, sangat cocok dikonsumsi untuk mereka yang menghindari konsumsi lemak tinggi.
  • Tinggi protein, kacang hijau mengandung protein yang tinggi dan merupakan sumber protein nabati.
  • Asam lemak esensial, yaitu omega 3 yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan juga mengandung omega 6.
  • Karbohidrat, kandungan karbohidrat dalam kacang hijau adalah 19 gram/ 100 gram. Kandungan Fitosterol dalam kacang hijau berfungsi sebagai antioksidan.
  • Mineral, kandungan mineral dalam kacang hijau diantaranya selenium, magnesium, besi, zinc, phosphorus, manganese, dan potasium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin, kandungan vitamin seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, asam folat, thiamin, riboflavin, B6, niasin dan pantothenat yang bermanfaat meningkatkan metabolisme dan energi.

Untuk membuat bubur kacang hijau yang sehat dan mempunyai nilai gizi tinggi dapat dilakukan dengan cara mencuci kacang hijau dengan air bersih dan merendamnya minimal selama 6 jam sebelum merebus kacang hijau tersebut. Setelah direbus dengan air mendidih dapat ditambahkan gula aren atau gula jawa secukupnya, bila ditambahkan santan kelapa, bubur kacang hijau akan terasa lebih enak. Tetapi kami tidak menyarankan.

Untuk mendapatkan khasiat kacang hijau yang lebih baik, anda dapat mencoba cara berikut :

  • Rendam kacang hijau dengan air bersih minimal 6 jam
  • Setelah 6 jam kemudian tiriskan, dan haluskan biji kacang hijau dengan cara di giling atau di blender
  • Setelah benar-benar halus, kemudian seduh dengan air panas yang telah mendidih, lalu saring
  • Hasil saringan ini kemudian dapat di minum dengan menambahkan gula aren dan susu
  • Mungkin bagi anda yang belum terbiasa dengan cara ini, rasa dan aroma kacang hijau akan sangat tidak enak, ya. Namun anda dapat menambahkan beberapa bahan yang anda sukai, bahan herbal misalnya, tentu akan sangat bermanfaat.

next >

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s