Manfaat Tanaman Kapulaga Sebagai Herbal

Kapulaga

Buah Kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah untuk bumbu masakan yang memberikan aroma tersendiri pada masakan. Selain sebagai bumbu masakah, kapulaga juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung minyak atsiri dan senyawa sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik,


Beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

  1. Mengobati Batuk
    Kapulaga mengandung minyak atsiri, terpineol, sineol, protein dan kandungan lainnya, dimana kandungan yang ada dalam kapulaga tersebut dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati batuk.
  2. Meringankan Sakit Rematik
    Untuk meringankan sakit rematik, bisa menggunakan air rebusan dari semua bagian tanaman. Hampir dari semua bagian batang, daun dan juga buah dari kapulaga dapat digunakan sebagai herbal. Ketika badan lemas, air rebusan bagian tanaman kapulaga dapat mengembalikan energi yang hilang dan di minum ketika hangat dipercaya dapat untuk meringankan sakit rematik.
  3. Bagus untuk Perut
    Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada biji kapulaga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional salah satunya bagus untuk sakit perut, batuk, dan juga sebagai peningkat stamina setelah melahirkan.
  4. Bahan untuk Parfum atau Pewangi
    Seperti yang kita ketahui, dari bijinya yang mengandung minyak atsiri, kapulaga banyak dimanfaatkan dalam industri parfum dan bahan pewangi.
  5. Mencegah tulang keropos
    Kandungan yang terdapat pada Kapulaga yaitu sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik sangat bagus untuk mencegah keropos tulang khususnya bagi ibu-ibu yang menginjak masa tua.
  6. Mengobati Radang Tenggorokan
    Biji Kapulaga bisa kita buat ramuan dimana bagus untuk mengobatai radang tenggorokan. Untuk membuatnya silahkan ambil 10 buah kapulaga dan sedikit rimpang kunyit. Tumbuk kedua bahan tersebut tapi jangan sampai terlalu lembut. Seduh ramuan kapulaga dan rimpang kunyit tesebut dengan air panas. Saring dan minum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

  7. © Copyright and Reserved : Mediel Bloglie®
    [end]

7 pemikiran pada “Manfaat Tanaman Kapulaga Sebagai Herbal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s